Operator dan Perulangan Unity 3d

Kursus hari1 Materi4 (penutup hari1)

Ada banyak operator bawaan pada C# yang dapat dikategorikan ke dalam operator aritmatika, operator penugasan, operator pembanding, operator logika dan operator bitwise. Akan tetapi di sini kita tidak akan membahas semua operator tersebut. Kita hanya akan membahas seperlunya saja. Pertama-tama, saya ingin memperkenalkan operator penugasan yang telah kita gunakan beberapa kali sebelumnya, yaitu operator "=". Kita menggunakan operator ini untuk memberi nilai ke suatu variabel.

contoh:
int anInt = 30;

Pernyataan di atas akan mengakibatkan anInt menyimpan nilai 30. Berikutnya adalah operator aritmatika, yaitu:
sebagai contoh, misalkan kita punya a = 15, b = 10
Operator Keterangan Contoh Hasil
+ Penjumlahan a + b 25
- Pengurangan a - b 5
* Perkalian a * b 150
/ Pembagian a / b 1
% Modulus a % b 5
++ Increment a++ 16
-- Decrement a-- 14
- Minus -a -15

Perhatikan bahwa pada contoh pembagian di atas, 15 dibagi 10 seharusnya 1,5. Hal ini benar untuk tipe data double. Akan tetapi pada contoh di atas diasumsikan a dan b adalah integer yang mana akan membulatkan ke bawah setiap bilangan pecahan positif. Terdapat prioritas dalam operator-operator di atas. Operator increment, decrement dan minus akan dihitung duluan, kemudian baru modulus, perkalian dan pembagian, terakhir barulah operator pengurangan dan penjumlahan. Jika perlu untuk mengubah urutan eksekusi, tanda kurung dapat digunakan. Di bawah ini adalah contoh sederhana operasi aritmatika:

double harga = 32;
double diskon = 0.2; //20% off
double hargaDiskon = harga - (harga * diskon);
Console.WriteLine("Harga dasar: " + harga);
Console.WriteLine("Diskon     : " + diskon * 100 + "%");
Console.WriteLine("Harga      : " + hargaDiskon);
//Harga dasar: 32
//Diskon     : 20%
//Harga      : 25.6
Hasil perhitungan hargaDiskon sesungguhnya akan tetapi sama meskipun tanpa tanda kurung. Akan tetapi seringkali, lebih mudah untuk menggunakan tanda kurung daripada harus meninjau kembali urutan prioritas operator. Pernyataan yang bersangkutan juga akan lebih mudah dibaca dengan menyertakan tanda kurung. Perhatikan bahwa tanda "+" di dalam metoda Console.WriteLine bukanlah operator aritmatika, melainkan operator penyambungan string. Ketika + digunakan di antara angka, ia menjadi operator aritmatika, akan tetapi ketika digunakan di antara string dengan tipe data apa saja, ia menjadi operator penyambungan string.

Terdapat juga operator yang di sebut operator majemuk. Terkadang kita ingin menambahkan sesuatu ke nilai yang sebelumnya, sebagai contoh, kita ingin menaikkan harga menjadi 34, kita dapat menuliskan harga = harga + 2; Tetapi dengan operator majemuk, kita cukup menuliskan harga += 2; yang akan menghasilkan hasil yang sama. Operator-operator majemuk antara lain:
sebagai contoh jika a = 15
Operator Keterangan Contoh Hasil
+= Penambahan dan penugasan a += 30 45
-= Pengurangan dan penugasan a -= 3 12
*= Perkalian dan penugasan a *= 5 75
/= Pembagian dan penugasan a /= 5 3
%= Modulus dan penugasan a %= 6 3

Perulangan while pada C#

Syntax perulangan while pada C# adalah:


while (kondisi) {
  [perintah]
}
Ketika suatu program sampai pada suatu perulangan while, pernyataan di dalam perulangan tersebut akan dijalankan terus menerus selama cond bernilai benar. Ketika menggunakan perulangan while, pada umumnya perlu memperhatikan tiga hal: permulaan, kondisi dan iterasi. Sehingga strukturnya menjadi:


[permulaan]
while (kondisi) {
  [perintah]
  [iterasi]
}
Sebagai contoh:



Debug.Log("Balapan akan dimulai dalam...");
 int hitung = 10;
 while (hitung > 0) {
  Debug.Log(hitung + "...");
  hitung--;
}
Debug.Log("MULAI!!!");

Kode di atas akan menghasilkan:
Balapan akan dimulai dalam...
10...
9...
8...
7...
6...
5...
4...
3...
2...
1...
MULAI!!!

Cukup sering kesalahan terjadi pada permulaan, kondisi atau iterasi. Sebagai contoh, cukup mudah untuk lupa menuliskan hitung--; yang akan mengakibatkan perulangan tanpa batas, atau menggunakan kondisi hitung < 0 yang akan mengakibatkan perulangan sama sekali tidak dijalankan. Apabila terjadi perulangan tanpa batas, anda dapat langsung menutup window console, atau klik tombol "stop debugging" pada toolbar atau menekan shortcut: SHIFT + F5.

Perulangan do while pada C#

Perulangan do while hanya berbeda sedikit dari perulangan while. Perulangan do while akan dijalankan paling tidak satu kali karena kondisi perulangan ini terletak pada akhir perulangan. Syntax perulangan do while adalah sebagai berikut:




do {
  [perintah]
} while (kondisi);

Satu satunya perbedaan antara perulangan do while dan perulangan while adalah ketika kondisi awal bernilai salah, yang mana akan mengakibatkan perulangan while dilewatkan sedangkan perulangan do while dijalankan hanya satu kali.

Perulangan for pada C#

Syntax perulangan for jauh lebih sederhana dibandingkan dengan perulangan while. Syntax perulangan for adalah:




for ( [pendahuluan] ; [kondisi]; [iterasi] ) {
  [perintah]
}
Blok kode { } bisa juga digantikan dengan satu perintah tunggal sehingga menjadi syntax perulangan for satu baris:


for ( [pendahuluan] ; [kondisi]; [iterasi] ) [perintah tunggal]

Bagian pendahuluan akan dijalankan pertama kali ketika perintah for dijumpai. Setelah pendahuluan dan setiap kali perulangan kembali ke awal, kondisi akan diuji. Perintah di dalam blok perulangan for akan dijalankan jika kondisi bernilai benar, dan perulangan akan berakhir ketika kondisi bernilai salah. Iterasi adalah kode yang akan dijalankan setiap kali perulangan berhasil berputar satu kali.
Berikut adalah contoh perulangan for pada C#:





for (int i = 1; i <= 20; i *= 2) {
  Debug.Log(i);
}
Yang akan menghasilkan:
1
2
4
8
16

Perulangan for di atas juga dapat dibuat menjadi perulangan for satu baris menjadi:



for (int i = 1; i <= 20; i *= 2) Debug.Log(i);
.
WAHHHHH TAMBAH SERU YAAAAAAA
Reff: https://icodeformoney.com/tuts/Perulangan-for-pada-CSharp
Operator dan Perulangan Unity 3d Operator dan Perulangan Unity 3d Reviewed by ADIARRAY on 19.28 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.