DataType Unity 3d

Kursus Hari1 Materi2
VARIABEL=IDENTIFIER-TIPE DATA

Variabel pada C#

Suatu variabel hanyalah suatu penampung data atau nilai di dalam program. Di dalam dunia pemrograman, setiap variabel memiliki tipe data dan dalam kebanyakan bahasa pemrograman, termasuk C#, tipe data suatu variabel ditentukan ketika variabel tersebut dinyatakan atau diisi. Terdapat beberapa cara untuk menyatakan variabel:
  • [tipe data] [identifier];
  • [tipe data] [identifier] = [nilai];
  • [tipe data] [identifier 1], [identifier 2], [identifier N];
  • [tipe data] [identifier 1] = [nilai 1], [identifier 2] = [nilai 2], [identifier N] = [nilai N];
Sebagai contoh
  • int jumlahSemuaBarang;
  • string namaPelanggan = "Fandi";
  • double harga1, harga2, harga3;
  • int jumlah1 = 10, jumlah2 = 7, jumlah3 = 12;
Contoh pertama dan ketiga di atas hanya menyatakan variabel saja, tidak memberikan nilai apapun untuk variabel variabel tersebut. Jika suatu variabel kosong dibaca oleh program, akan terjadi runtime error. Variabel-variabel kosong seperti ini harus diberi nilai sebelum dibaca.
Tipe-tipe data yang digunakan di atas adalah tipe data yang paling sering digunakan, int adalah bilangan bulat, string adalah kumpulan karakter, dan double adalah bilangan real. Kita akan belajar mengenai tipe data pada bagian selanjutnya dari tutorial ini.

Identifier pada C#

Identifier adalah suatu nama yang mewakili hal-hal di dalam program. Identifier dapat mewakili suatu variabel, konstanta, metoda atau fungsi, properties, class, enum atau struct. Pada C#, berlaku ketentuan-ketentuan berikut pada Identifier:
  • Harus unik, tidak boleh terduplikasi.
  • Bersifat case sensitive, Nama dan nama merupakan dua identifier yang berbeda.
  • Harus dimulai dengan huruf atau underscore, angka diperbolehkan setelah karakter pertama.
  • Tidak mengandung spasi. Jika terdiri dari lebih satu kata, disarankan menggunakan underscore sebagai pengganti spasi atau menggunakan CamelCase.
  • Tidak mengandung karakter khusus ( @, $, # ), ataupun operator (+, -, /, *, dsb)
  • Bukan merupakan keyword (for, if, class, using, continue, break, dsb)
  •  

Tipe Data pada C#

Tipe-tipe data yang paling sering digunakan adalah int, double, string, bool dan object.
Masing-masing memiliki kegunaannya sendiri:
  • int, digunakan untuk menyatakan suatu bilangan bulat, positif maupun negatif, sebagai contoh jumlah murid dalam satu kelas.
  • double, digunakan ketika kita perlu menyatakan suatu bilangan pecahan, misalkan nilai, harga atau berat. Akan tetapi, double adalah data dengan ketelitian 15-16 digit. Sehingga terkadang tipe data float dengan ketelitian 7 digit lebih disukai untuk contoh contoh tadi, dengan alasan menghemat memori.
  • string, digunakan ketika menyatakan sekumpulan karakter, baik itu nama, kalimat, password ataupun kode. String sesungguhnya merupakan suatu array dari char.
  • bool, bernilai true atau false. Paling sering digunakan untuk menyatakan suatu kondisi, misalnya IsEnabled, IsVisible, SedangHujan, SedangLapar, dan lain lain.
  • object, adalah class dasar dari semua tipe data dalam C#. Digunakan untuk menyatakan tipe data yang tidak pasti.
Tipe-tipe data lainnya adalah:
  • Mirip dengan int: sbyte, short, long, untuk tipe bertanda, byte, ushort, uint, ulong untuk tipe yang tak bertanda
  • Mirip dengan double: float dan decimal
  • char, untuk menyimpan satu karakter

Praktek Pada aplikasi sebelumnya tambahkan satu GameObject->Empty
Buat C# Script =>berinama DataType .cs  dan ketikkan kode sbb:


using UnityEngine; 
using System.Collections; 
public class DataType : MonoBehaviour { 
    public int Bulat; 
    public float Desimal; 
    public char Karakter; 
    public string Text; 
    public enum vote { PilihanA, PilihanB, PilihanC }  
    public vote Comment; 
    string myText; 
    public Vector2 Koordinat2D; 
    public Vector3 Koordinat3D; 
    // Use this for initialization 
    void Start () { 
        if (Comment == vote.PilihanA){ 
            myText = "Anda memilih PilihanA!"; 
        }
        else        if (Comment == vote.PilihanB){ 
            myText = "Anda memilih PilihanB!"; 
        }
        else        if (Comment == vote.PilihanC){ 
            myText = "Anda memilih PilihanC!"; 
        }
        else { 
            myText = "Pilih dunk....."; 
        } 
    } 
    // Update is called once per frame 
    void Update () { 
    } 
    void OnGUI(){ 
        GUILayout.BeginArea(new Rect(10,10,200,200)); 
        GUILayout.Label("Bilangan Bulat: "+Bulat.ToString()); 
        GUILayout.Label("Bilangan Desimal: "+Desimal.ToString()); 
        GUILayout.Label("Satu Karakter: "+Karakter.ToString()); 
        GUILayout.Label("Tulisan: "+Text.ToString()); 
        GUILayout.Label("Komentar: "+myText.ToString()); 
        GUILayout.Label("2D: "+Koordinat2D.ToString()); 
        GUILayout.Label("3D: "+Koordinat3D.ToString()); 
        GUILayout.EndArea(); 
    } 



Lalu code yang sudah dibentuk di drag ke GameObject(1)
akan  menghasilkan bentuk sbb:



saat dijalankan:

Kesimpulan:
keunggulan unity 3d adalah setiap tipe data secara automatis adalah mampu menampilkan variabel public ke dalam bentuk parameter inspector so pastilebh mudah membuat gamenya....



Selamat Mencoba



Reff:

Batas nilai tipe-tipe data numerik pada C#

Batasan nilai pada tiap tipe data di C# dipaparkan pada tabel berikut:
Tipe data Penjelasan Batas nilai
sbyte Bilangan bulat 8 bit bertanda −128 sampai 127
short Bilangan bulat 16 bit bertanda −32,768 sampai 32,767
int Bilangan bulat 32 bit bertanda −2,147,483,648 sampai 2,147,483,647
long Bilangan bulat 64 bit bertanda −9,223,372,036,854,775,808 sampai 9,223,372,036,854,775,807
byte Bilangan bulat 8 bit tak bertanda 0 sampai 255
ushort Bilangan bulat 16 bit tak bertanda 0 sampai 65,535
uint Bilangan bulat 32 bit tak bertanda 0 sampai 4,294,967,295
ulong Bilangan bulat 64 bit tak bertanda 0 sampai 18,446,744,073,709,551,615
float Floating point berketelitian 7 digit ±1.5e−45 sampai ±3.4e38
double Floating point berketelitian 15-16 digit ±5.0e−324 sampai ±1.7e308
decimal Bilangan dengan 28-29 angka penting (-7.9 x 1028 sampai 7.9 x 1028) / (100 to 28)
Bilangan bulat bertanda sesungguhnya menggunakan 1 bit dari ukuran data mereka untuk menyatakan tanda (negatif atau positif). Itulah kenapa batas nilai positif dari tipe tak bertanda dua kali lebih besar dari tipe yang bertanda dengan ukuran data yang sama. Akan tetapi bilangan bulat bertanda sudah jarang digunakan kecuali ketika berurusan dengan antarmuka hardware, pengolahan citra, atau pemrograman tingkat rendah lainnya. Dan juga, saya sarankan hindari menggunakan tipe data decimal karena tipe data ini tidak lazim pada bahasa pemrograman yang lain.

 Contoh:


int anInt = 10;
long aLong = 2000000000;
long luarBatas = 3000000000;
//3 milyar, melebihi batas int
 
anInt = (int)aLong;
Debug.Log(anInt);
//Akan tampil 2000000000
 
anInt = (int)overLimit;
Debug.Log(anInt);
//Akan tampil -1294967296
 ###
 
Penting diketahui bahwa jika suatu tipe data yang lebih besar dikonversi ke tipe data yang lebih kecil, dapat terjadi kehilangan data. Hal-hal ini juga berlaku ketika mengkonversi antara tipe data bilangan bulat dengan tipe data floating point. Selalu ingat bahwa berkurangnya ketelitian dapat terjadi.





DataType Unity 3d DataType Unity 3d Reviewed by ADIARRAY on 18.15 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.